Thursday, August 10, 2017

Apa itu Point of Sales

Point of Sales 


Point Of Sales (POS) adalah titik penjualan (Check-out) tempat di mana transaksi selesai. Ini adalah titik di mana pelanggan melakukan pembayaran dalam pertukaran barang atau jasa. POS juga sering disebut system kasir. Pada Point Of Sales penjual akan menghitung seluruh jumlah harga yang dibeli konsumen dan memberikan pilihan bagi pelanggan untuk melakukan pembayaran serta akan mengeluarkan tanda terima untuk transaksi pembelian.Pada awalnya, point of sales digunakan sebagai sebutan untuk mesin kasir (Cash Register) namun. Sistem Point Of Sales (POS) memerlukan sebuah aplikasi/software agar sistem tersebut berjalan sempurna untuk menjalankan proses transaksi dengan cepat dan sistematis yang berorientasi meningkatkan market interest dan pelayanan terhadap konsumen.

Sejarah


POS dikenal semenjak IBM merilis mesin IBM 3650 dan 3660 store system. Dalam perkembangannya istilah point of sale atau POS dinilai kurang tepat jika diasosiasikan dengan Cash Register. Karena Cash Register sendiri sebenarnya kalkulator yang dilengkapi dengan laci otomatis. Sedangkan Point of Sales (POS) lebih tepat dikatakan sebagai sebuah software pengganti mesin kasir yang lebih canggih
Dalam perkembangannya, POS dapat dibuat sebagai suatu sistem dengan menggunakan sebuah jaringan komputer yang dioperasikan oleh komputer utama dan dihubungkan dengan beberapa terminal checkout POS. Istilah ini dikenal dengan nama Sistem Point Of Sales (POS). Pada dasarnya, sistem POS adalah cara all-in-one untuk melacak arus kas bisnis Anda.

Penggunaan

Saat ini penggunaan system POS tidak hanya untuk mempermudah perhitungan pembayaran, beberapa fungsi POS saat ini adalah
Meningkatkan kualitas pelayanan pada usaha, karena proses transaksi yang terbilang cepat, sistematis dan efisien sehingga mendukung kualitas pelayanan terhadap konsumen.
Untuk menganalisis data penjualan, mencari tahu seberapa baik semua item yang dijual, dan mendata stock inventory barang.
Untuk membantu menyesuaikan keputusan order pembelian atau produksi untuk tren pembelian konsumen musiman.
Untuk meningkatkan akurasi harga dengan mengintegrasikan bar-code scanner dan kemampuan otorisasi kartu kredit dengan sistem POS.
Untuk memudahkan metode pembayaran. Dengan menggunakan point of sales, konsumen Anda dapat melakukan pembayaran dengan cash, kartu debit maupun kartu kredit. Progam POS akan secara elektronis terkoneksi kea kun bank milik Anda dan akan terhubung dengan financial tracking system.

Cloud computing


Point of Sales (POS) sendiri kini terbagi menjadi dua, yaitu sistem Point of Sales (POS) konvensional yang berupa software yang diinstalkan ke sebuah komputer, hingga ada lagi yang disebut sebagai Point of Sales (POS) berbasis cloud yang mengandalkan internet dan memungkinkan akses secara mobile. Dengan menggunakan cloud computing system dapat di pantau dari jauh dengan menggunakan internet. 
loading...

1 comment: