Monday, August 14, 2017

Apa Itu SKU, UPC, EAN, Dan Barcode

Apa Itu SKU, UPC, Dan Barcode



Seringkali di dunia retail kita mendengar istilah sepeti barcode dan dan SKU. Lalu apakah sebenarnya SKU dan Barcode, lalu untuk perusahaan manufaktur apa itu UPC atau EAN ? Dan bagaimana hubungannya?

SKU atau Stock Keeping Unit adalah kode unik milik perusahan yang diberikan kepada setiap item barang baik yang dibeli maupun dijual. SKU juga disebut dengan part number, product number atau product identifier. Cara penamaan bisa dilakukan dengan menggunakan  properti-properti yang ada pada item itu misalnya ukuran, warna, dan tipe barang. SKU ini dipakai dalam informasi stok barang perusahaan. SKU ini yang menjadi pembeda suatu item dengan yang lain. SKU juga sering dicetak dalam barcode untuk memudahkan perusahaan melakukan inventarisasi stock.
Lalu Barcode menurut kementrian perindustrian adalah suatu kumpulan data optik yang dibaca mesin. Barcode mengumpulkan data dari lebar garis dan spasi garis paralel dan dapat disebut sebagai kode batang atau simbologi linear atau 1D (1 dimensi). Selain dalam bentuk garis barcode juga memiliki bentuk persegi, titik, heksagon dan bentuk geometri lainnya di dalam gambar yang disebut kode matriks atau simbologi 2D (2 dimensi). Selain tak ada garis, sistem 2D sering juga disebut kode batang.

Sementara UPC dan EAN adalah code universal yang menyamakan antara SKU perusahaan dengan SKU industry retail. UPC inilah yang bias digunakan oleh scanner di dunia retail UPC digunakan di Amerika dan Canada sedangkan EAN digunakan di Eropa.



Untuk memudahkan pemahaman akan saya berikan contoh:

Perusahaan pabrik sepatu Nika menjual sepatu futsal ke perusahaan retail bulan dan planet olah raga

SKU bulan untuk sepatu futsal nika: 0102
SKU planet olah raga untuk futsal nika: 010203

Lalu SKU mana yang akan digunakan oleh Nika?
Agar dapat tebaca oleh scanner milik Bulan dan planet olahraga maka nika akan mendaftarkan produknya ke UPC atau EAN sehingga akan terbentuk code baru yang dapat dibaca oleh semua scanner. Code baru inilah yang akan diterjemahkan oleh scanner milik bulan dan planet olah raga menjadi SKU untuk produk mereka.

Untuk mendaftarkan produknya ke penomeran internasional seperti EAN dan UPC. Pembaca dapat memperoleh informasinya ke https://www.gs1id.org/


loading...

3 comments:

  1. Jika ingin memndaftarkan Barcode untuk produk Anda, bisa hubungi saya:
    Broto AW, GS1 Indonesia - Surabaya, HP/WA : 0813 3037 3038.
    Terima kasih...

    ReplyDelete
  2. Saya mau daftarkan barcode pa untuk produk saya, nomor gak aktif WA

    ReplyDelete