Sunday, February 19, 2017

Apa itu Stock Opname?

Stock opname (eng:stock taking) menurut Cambridge Dictionary adalah proses penghitungan barang yang dimiliki oleh perusahaan yang akan di gunakan untuk penjualan. Dalam dunia retail setiap penerimaan barang oleh sebuah toko retail akan didata, data yang masuk tersebut akan menjadi stok persediaan. Sementara itu, ada barang yang terjual, maka stok persediaan barang maka akan berkurang. Sayangnya, terkadang ada beberapa kekeliruan seperti pencurian barang, kesalahan dalam penginputan data, penyusutan barang barang tertentu yang menyebabkan adanya kemungkinan barang barang tersebut memiliki perbedaan antara data yang tercatat dengan jumlah fisiknya secara real. Stock opname digunakan untuk mencocokan data persediaan barang dengan jumlah fisik yang ada.



Keberhasilan dari hasil stock opname dinilai dari dua hal

1. Besar atau kecilnya selisih, baik selisih minus atau plus
Sebuah usaha retail yang baik tentu memiliki pencatatan yang baik. pencatatan yang baik ini akan digunakan dalam berbagai hal. analisa data, laporan kepada investor, laporan kepada supplier dan lain lain. Selisih yang besar antara stok real dan data yang ada tentu saja merupakan sebuah indikator dari buruknya administrasi ataupun penanganan barang dari usaha retail tersebut.

2. Akurasi dan kredibilitas penghitungan
penghitungan barang dengan hasil yang baik akan percuma jika hal tersebut didapatkan dengan cara yang salah, misalnya penghitungan dicocokan langsung dengan data yang ada tanpa memeriksa kondisi real karena kemasalasan karyawan penghitung atau kurangnya ketelitian dalam perhitungan secara langsung. Untuk mengurangi kesalah kesalahan tersebut diperlukan pengelolaan sdm dan ketegasan dalam kredibilitas penghitungan oleh seorang supervisor.
loading...

No comments:

Post a Comment